Usaha RAPP Riau untuk Menjadi Salah Satu Pabrik Terefisien di Dunia

Usaha RAPP Riau untuk Menjadi Salah Satu Pabrik Terefisien di Dunia
Foto : riauberita.com

Ufreviews – Grup APRIL memiliki anak perusahaan yang terkenal di Indonesia bahkan di luar negeri berkat produknya, perusahaan ini bernama PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP). PT RAPP adalah suatu perusahaan atau industri besar yang memproduksi Pulp (bubur kertas) dan paper (kertas) dan terbesar di Asia Pasifik yang didirikan tahun 1993 dan berlokasi di desa Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau.

Sudah kita tahu bahwa, dalam proses pembuatan kertas akan dibutuhkan lebih dari 1 pepohonan yang berada di hutan. Oleh karena itu, PT RAPP melakukan suatu hal yang mana berupaya untuk penanaman hutan yang dilakukanAPRIL Grup. Ada seseorang mengatakan bahwa seluruh proses penanaman hutan yang dilakukan oleh Grup APRIL sudah memenuhi aturan standar yang berlaku secara internasional. Selain itu juga, mereka melakukan daur ulang di setiap proses produksi sehingga tidak menghasilkan limbah yang dapat menimbulkan pencemaran lingkungan.

Dalam mengatur efisiensi air, APRIL Grup melakukan daur ulang dan pengelolaan air serta telah melakukan investasi dalam proses dan teknologi untuk memastikan praktik terbaik efisiensi air dan energi. Dalam hal ini, air yang digunakan di hampir setiap bagian dari proses pembuatan pulp dan kertas. Untuk memproduksi pulp yang berkualitas, air bersih sangat penting. APRIL Grup berinvestasi pada teknologi pengolahan air untuk membersihkan air yang telah digunakan dengan proses daur ulang, untuk menjamin konsumsi air oleh pabrik yang lebih sedikit dibandingkan operasional sejenis menurut standar internasional.

Manfaat dari komitmen ini juga dapat dirasakan masyarakat sekitar, yang Grup APRIL menyediakan air bersih ke Pangkalan Kerinci di sekitarnya. Dilihat secara keseluruhan, penggunaan air oleh pabrik setara dengan 1.89% rata-rata aliran sungai (debit air) Sungai Kampar dan angka ini berada jauh di bawah ketentuan batas maksimal yang ditentukan pemerintah.

Dan tidak hanya efisiensi air, Grup APRIL juga melakukan efisiensi energi yang mana telah mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil dengan menggunakan dan mengubah energi yang dihasilkan oleh limbah dan proses produksinya. Dari total konsumsi energi bahan bakar, hampir 80%-nya sekarang berasal dari bahan bakar bio (biofuel), sehingga mengurangi emisi serta menghasilkan manfaat tak langsung berkat berkurangnya kebutuhan transportasi.

Kontributor yang paling signifikan untuk produksi bahan bakar bio adalah pengoperasian ketel uap pemulihan (recovery boiler) terbesar di dunia yang menangkap energi dari lindi hitam (black liquor), yang berasal dari proses pembuatan pulp, dan mengubahnya menjadi energi yang setara dengan 390 MW per tahun. Energi dari ketel uap ini dan dua ketel uap pemulihan lainnya digunakan untuk menghasilkan uap untuk pembangkit listrik dan dalam proses pengeringan untuk produksi kertas. Dari dari sanalah terjawab bagaimana RAPP Riau menjadikan pabriknya sebagai salah satu yang terefisien di dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *