Ketahui Istilah dalam Properti Sebelum Melakukan Transaksi

Ketahui Istilah dalam Properti Sebelum Melakukan Transaksi

Ufreviews – Seiring dengan perkembangan zaman, pembelian properti rumah pun menjadi semakin mudah. Rumah bisa Anda dapatkan dari situs penjualan properti atau juga dari para developer. Seiring dengan perkembangan yang terjadi, Anda tentu perlu mengetahui apa saja istilah dalam properti yang kerap digunakan ketika melakukan pembelian.

Gambar terkait

1. Istilah dalam Surat Menyurat Transaksi Pembelian

Beberapa istilah surat menyurat yang perlu Anda ketahui istilahnya selaku pembeli adalah pertama, AJB yang merupakan singkatan dari akta jual beli. Akta ini yang akan menjadi bukti fisik atas terjadinya peralihan hak kepemilikan sebuah properti yang sah secara hukum.

Kedua, BBN singkatan dari Bea Balik Nama yaitu biaya yang Anda keluarkan untuk mengganti nama dari kepemilikan tanah saat melakukan pengurusan akta. Ketiga, PPJB. Pengikatan Perjanjian Jual beli yang maksudnya adalah sebuah perjanjian jual-beli antara kedua belah pihak selaku penjual dan pembeli yang masih berupa kesepakatan.

Di mana belum adanya peralihan hak kepemilikan tanah dan rumah yang sah secara hukum. Sehingga menyebabkan sertifikat masih tertera atas nama penjual sampai terpenuhi klausal-klausal yang disepakati ke dua belah pihak. Ada pun manfaat PPJB ini ialah sebagai suatu kesepakatan yang dilakukan agar tidak adanya pembelian oleh pihak lain.

Keempat, Escow. Istilah yang akan Anda jumpai saat melakukan transaksi. Escow ialah badan penengah atau pihak ketiga yang bersifat netral bagi penjual mau pun pembeli. Eskow berguna untuk memegang uang jaminan atau deposit, tanda tangan PPJB, sampai terjadinya serah terima AJB. Adapun yang bertindak sebagai Escow ini adalah notaris.

2. Istilah yang Menunjukkan Adanya Pemotongan Harga dalam Properti

Beberapa istilah yang perlu Anda ketahui untuk bisa mendapatkan pemotongan harga pembelian sebuah properti yaitu pertama, Earlybird. Maksud dari istilah ini adalah Anda membeli properti yang baru dipasarkan developer dengan penawaran harga khusus dan diskon yang diberikan.

Kedua, Ident. Ident merupakan istilah pembelian dengan adanya sistem booking terlebih dahulu. Biasanya ini terjadi di Primary Market. Di mana Anda melakukan pembayaran dengan deposit 20-30 % dari harga jual yang tergantung atas penawaran developer.

3. Istilah Lain yang Mungkin Anda Temukan

Pertama, KBD. Koefisien Dasar bangunan yang merupakan persentase hasil dari luas pembangunan rumah yang dihitung berdasarkan perbandingan luas bangunan terjadap luas tanah yang tersedia.

Contohnya jika KDB sebesar 50% dengan luas tanah 1000 m2 makan luas bangunan yang bisa didirikan ialah 500 m2 dan sisanya digunakan untuk ruag terbuka hijau dan resapan air atau parit. Kedua, Turn Key. Istilah ini digunakan sebagai tanda waktu disepakatinya dalam perjanjian untuk nelakukan serah terima kunci dari developer kepada Anda sebagai pembeli.

Itu lah ke empat istilah dalam properti yang perlu Anda ketahui sebelum melakukan pembelian. Pemahaman akan istilah tersebuat akan membantu dalam pengurusan pembelian properti impian Anda dan keluarga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *